Senin, 06 May 2024
  • kecamatansabbangluwuutara@gmail.com

Rekapitulasi PPK Kec. Sabbang Dihujani Sanggahan

Rekapitulasi PPK Kec. Sabbang Dihujani Sanggahan Peserta Rapat Rekapitulasi PPK Kecamatan Sabbang

Hasil dari perhitungan suara setiap TPS adalah Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara. Masing-masing perolehan suara dari Desa direkap, hasil inilah setelah diplenokan akan menjadi data PPK untuk kemudian akan diserahkan ke KPU.

Rabu (25/4/2019) PPK Kecamatan Sabbang melakukan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara yang dipimpin langsung oleh Ketua PPK Kecamatan Sabbang Budi Abadi Daling. Rekapitulasi ini dilaksanakan secara sederhana di pekarangan Kantor Kecamatan Sabbang, yang tentunya dihadiri oleh para saksi caleg dan parpol serta dipantau langsung oleh Pemerintah Kecamatan, TNI dan Polri serta dihadiri pula oleh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya Budi menghimbau kepada para saksi agar tertib dalam mengikuti rekapitulasi supaya rekapitulasi dapat berjalan dengan baik.

Dari pemaparan Budi tentang tata cara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kecamatan, banyak mendapat sanggahan dari peserta rapat rekapitulasi, salah satunya dari Caleg Partai Demokrat Sarifuddin, ST yang mempertanyakan tentang hasil penghitungan tingkat TPS yang tidak dipublish.

"Sebelum perekapan dimulai sebaiknya hasil penghitungan semua TPS itu dipasang dulu", sanggah Sarifuddin.

Sementara itu Halid, ST saksi dari Partai Golkar juga mengajukan sanggahan terkait hasil penghitungan yang telah dilakukan selama lima hari agar kopiannya diberikan kepada saksi.

Muhammad Iqbal saksi dari Partai Gerindra melayangkan interupsi, berharap sebelum rekapitulasi dimulai hasil perolehan suara di tiap desa agar dibagikan kopiannya kepada saksi sebagai data pembanding.

Dengan bijak Budi mengakomodir sanggahan saksi dan memerintahkan kepada unsur PPK agar memberikan kopian dari rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat PPS, namun Budi menegaskan bahwa itu bukanlah hasil akhir, tapi hanya sebagai data pembanding. (hj)